Baru sekitar 3 tahun berselang sejak peluncuran All New Avanza pada tahun 2012, Toyota kini menyiapkan tampang baru seri Avanza. Toyota diperkirakan cukup kuatir dengan gempuran Low MPV pabrikan lainnya semisal Suzuki dengan Ertiga atau Chevrolet Spin. Ya Ini adalah nama resmi bagi penerus mobil sejuta umat yang diproduksi oleh TAM selama lebih dari satu decade, Toyota Grand New Avanza. Sosok terbaru dari MPV terlaris lansiran PT Toyota Astra Motor yang resmi diluncurkan pada 12 Agustus lalu di Jakarta.
Eksterior
Perubahan yang paling mudah dikenali dari model baru Avanza ini tentu saja dari desain eksteriornya. Perubahan desain Avanza kini tampak menjadi semakin agresif, antara laon berkat perubahan pada desain lampu yang lebih tajam dan terlihat lebih agresif, grille lebih lebar serta bumper depan berdesain lower bumper yang menyatu hingga fog lamp. Di bagian belakang, lampu model baru dengan aksen tambahan di bagian tengah dan garnish pada bagian pelat nomor menjadikan buritannya tampil lebih menawan. Pada emblem grade varian, kini memiliki warna latar belakang biru untuk menunjukkan mesin yang lebih ramah lingkungan, berteknologi katup variable ganda, Dual VVT-i.
Interior
Di bagian dalam, perubahan yang paling kentara adalah variasi warna Dark Grey dan Oak (coklat tua) pada dashboard, serta trim pintu, yang membuatnya tampak mewah. Di bagian konsol tengah, terdapat head unit audio model baru, yang dapat mengakomodasi fungsi telekomunikasi via teknologi Bluetooth. Panel instrumen juga mendapatkan perubahan, kini terdapat indikator konsumsi bahan bakar serta indikator ‘eco’. Bangku baris kedua mendapatkan tambahan ruang kaki, serta bagi penumpang tengah, kini terdapat head rest dan sabuk keselamatan tiga titik. Di bangku baris ketiga, pembagian kursinya kini 50:50 yang memberikan fleksibilitas bagasi yang lebih baik dan menampilkan aura sport sekaligus kemewahan subuah MPV.
Mesin dan Performa
Meski begitu, perubahan yang menurut kami paling signifikan hadir dari penggunaan mesin baru, 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi Dual VVT-i. Mesin baru ini memberikan limpahan tenaga dan torsi lebih besar dibandingkan mesin 1,3 liter lama Avanza bertipe (K3-VE), tenaganya kini menjadi 97 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Berkat katup variable ganda, pengaturan bukaan katup tak hanya pada jalur masuk (intake), namun juga pada jalur keluar. Keunggulannya adalah efisiensi yang lebih baik pada ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan lebih baik. Selain itu, engine vibration atau getaran pada mesin semakin minim, sehingga kenyamanan dalam kabin kendaraan saat berkendara lebih baik, Emisi gas buang yang dihasilkan juga rendah karena sebagian gas buang ada yang dapat diproses kembali di ruang bakar.
Meski begitu, perubahan yang menurut kami paling signifikan hadir dari penggunaan mesin baru, 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi Dual VVT-i. Mesin baru ini memberikan limpahan tenaga dan torsi lebih besar dibandingkan mesin 1,3 liter lama Avanza bertipe (K3-VE), tenaganya kini menjadi 97 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Berkat katup variable ganda, pengaturan bukaan katup tak hanya pada jalur masuk (intake), namun juga pada jalur keluar. Keunggulannya adalah efisiensi yang lebih baik pada ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan lebih baik. Selain itu, engine vibration atau getaran pada mesin semakin minim, sehingga kenyamanan dalam kabin kendaraan saat berkendara lebih baik, Emisi gas buang yang dihasilkan juga rendah karena sebagian gas buang ada yang dapat diproses kembali di ruang bakar.
Penggunaan teknologi drive-by-wire pada sistem bukaan gas yang diatur ECU yang kini digunakan memberi respon terasa sedikit tertunda berakselerasi. Namun, kemudian Avanza memberikan respon yang sigap untuk mencapai angka 100 kpj saat di jalur bebas hambatan. Jarum petunjuk putaran mesin menyentuh angka 3.200 rpm saat kami berlari 100 kpj. Ketika menghadapi jalur menanjak dan melakukan kickdown, gear transmisi otomatis 4-percepatannya sekejap menurun dan mesin berteriak hingga 6.000 rpm di kecepatan 120 kpj sebelum kembali berpindah ke gear lebih tinggi.
Fitur Fitur
Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Avanza pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Untuk fitur kenyamanan dan hiburan, Toyota membekali Grand New Avanza ini dengan fitur audio entertainment baru yang sudah dilengkapi layar touchscreen dan koneksi bluetooth. Kemudian, kursi baris kedua pada Toyota Avanza ini telah dilengkapi dengan fitur One Touch Tumble yang berfungsi untuk memudahkan mengatur posisi kursi. Grand New Toyota Avanza memberikan teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin, sehingga anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar. Sedangkan untuk fitur keamanan, Toyota Avanza generasi baru ini telah dilengkapi dengan fitur 3-points seat belt untuk penumpang di kursi baris kedua. Selain itu, Toyota juga memasang seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang akan menghindarkan Anda dari cidera fatal saat terjadi benturan keras. Tak lupa pula fitur SRS Airbags untuk meningkatkan keselamatan penumpangnya. Spesifikasi Toyota Avanza pada bagian fitur-fiturnya semakin sempurna dengan immobilizer key dan juga standar keamanan ISOFIX yang merupakan standar keamanan internasional untuk pemasangan child seat.
Kesimpulan
Dengan tambahan minimal 5 fitur keamanan baru, seperti wireless key dengan immobilizer, rem ABS di semua grade, dan side impact beam, Toyota sudah menyejajarkan Avanza atau minimal setara dengan model Low MPV lain yang sudah dirilis sebelumnya.
Toyota mampu menjawab keinginan pasar yang membutuhkan lebih banyak fitur keamanan pada Low MPV-nya, apalagi dengan banyaknya angka kecelakaan yang melibatkan pengguna Avanza. Selebihnya itu terserah para calon konsumen untuk menilai.
0 komentar:
Posting Komentar