Kali ini autozenesia akan mereview mobil pabrikan amerika serikat, Ford Fiesta Ecoboost. mobil ini di rilis pada maret 2014. mobil ini dihadirkan untuk meramaikan persaingan pasar hatchback di indonesia. Ford Fiesta Ecoboost yang merupakan persembahan spesial dari Ford kepada para pecinta mobil hatchback. Hadir dengan desain yang elegan dan sporty tampaknya mobil baru ini siap bersaing dengan mobil di level yang sama untuk merebut dominasi pasar Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa sebelum diluncurkan di Indonesia, Ford Fiesta Ecoboost ini sudah laris dijual diberbagai belahan dunia.
Ford Fiesta Ecoboost sendiri merupakan mobil hatchback yang didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan mobil yang sporty dan sangat cocok dipakai oleh kaum urban perkotaan sebagai mobil city car masa kini. Ford Fiesta Ecoboost juga sebelumnya telah meraih penghargaan di dunia Internasional dengan diraihnya penghargaan Engine of The Year pada tahun 2012 dan 2013. Hal ini membuktikan bahwa mobil hatchback Ford ini adalah sebuah karya yang penuh dengan inovasi.
Eksterior
Ford Fiesta Ecoboost adalah mobil yang penuh dengan inovasi di dalamnya. Mobil ini menawarkan performa yang maksimal untuk kaum urban dan memiliki desain eksklusif yang modern. Kesan modern dan kencang terus berlanjut ke belakang. Tam¬pak dari desain roof spoiler yang tampak menyatu bodi dan berdiri kokoh. Termasuk pula desain lampu dinamis dan aplikasi diffuser yang menyiratkan mobil kencang. Perbedaan dari tipe 1.5 S di luar hanya pada sematan emblem S Ecoboost di kiri pintu bagasi. semakin terasa elegan dan eksklusif dengan hadirnya bumber depan yang bergaya sporty. Headlampnya juga mempunyai bentuk menyipit dan memanjang yang membuat mobil ini tampak semakin angkuh dan berwibawa di jalan. Selain itu spesifikasi Ford Fiesta Ecoboost dari segi eksteriornya yang lainnya adalah grill depan mobil ini didominasi oleh trapezoid yang akan semakin membuat mobil ini tampak elegan dan ekslusif.
Interior
Pada sektor desain dasbornya bagi sebagian orang bisa jadi sudah mulai terkesan usang. Apalagi desain ini juga akan dipakai oleh EcoSport yang bergenre SUV. Meski demikian, kesan dinamis dan sporty masih sangat kental terasa. tata letak dasbor rapi dan mudah dioperasikan. Bagi kami, mungkin sudah saatnya monitor di atas dasbor dibesarkan agar dapat lebih mudah mengakses informasi. AC climate control memberikan kesan mewah. Sementara desain panel instrumen dan kemudi menguatkan nuansa anak muda.
Pabrikan ini juga sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan dari penumpangnya. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai teknologi modern yang siap menemani dan menjaga anda dalam perjalanan. Seperti adanya dual airbags, Rear Parking Sensors, Hill Launch Assist, Rain Sensing Wipers, dan Smart Keyless Entry yang siap membantu anda untuk mengendalikan Ford Fiesta Ecoboost sehingga akan terasa lebih mudah. Hadirnya teknologi konektivitas Ford SYNC juga akan semakin memudahkan anda untuk mengkoneksikan berbagai gadget yang anda miliki dengan mobil ini. Sehingga anda bisa berbicara di telepon, menyalakan sistem navigasi, dan mendengarkan musik sambil menjaga tangan Anda tetap pada stir untuk mengemudikan mobil ini.
Mesin dan Performance
Bagaimana dengan dapur pacunya? Mobil hatchback tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan mesinnya. Bagaimana tidak, bagaikan yang setelah disebutkan diatas mobil tersebut telah meraih penghargaan bergengsi internasional pada sektor mesinnya. Di mesinnya Ford Ecoboost 2014 tersebut mempunyai performa mesin yang maksimal & sangat inovatif dengan menggabungkan antara turbocharging, direct fuel injection, serta variable valve timing yang menjadikan ukuran mesin lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan diperkecilnya mesin itu memungkinkan penghematan bahan bakar mencapai 20%, hebat bukan? Kecilnya ukuran mesin ini tanpa mengurangi performa mesin 1.0 Fiesta Ecoboost 2014 yang memiliki 3 silinder di dalamnya yang mampu menyentuh tenaga maksimal 120 HP serta torsi maksimal 170 Nm. Mobil hatchback tersebut juga diklaim dapat menandingi mesin yang berkapasitas 1.6 liter. Hal tersebut yang membuat mobil Ford Fiesta Ecoboost 2014 mempunyai performa yang maksimal, ekonomis bahan bakar, serta lebih ramah lingkungan.
Padatnya tenaga membuatnya mampu menyelesaikan sprint 0-100 km/jam hanya dalam tempo 10,67 detik. Lebih cepat dari model 1.5 bermesin 1.500 cc yang hanya mengukir 12,39 detik. Bahkan lebih cepat dari versi 1.6 dari generasi awal bermesin 1.600 cc yang hanya 10,80 detik. Padatnya torsi sangat terasa di putaran menengah. Sangat mengasyikkan memacunya di antara 2.000-3.000 rpm. Diperkuat sigapnya transmisi, kelincahannya mengolah tenaga membuat Anda lupa kecilnya mesin Fiesta.
Meski demikian, ia terasa kesulitan saat mulai bergerak dengan gaya mengemudi halus. Sampai dengan putaran mesin 1.500 rpm, tenaga terasa hampa. Memang mampu membuat mobil bergerak, tapi Anda harus ekstra sabar. Begitu bantuan turbo masuk, ia pun dapat bergerak lebih cepat. Dengan gaya mengemudi seperti ini transmisi akan berpindah gigi di rentang 2.100 rpm. Hasilnya ia ‘hanya’ mampu mencetak konsumsi BBM dalam kota 12,98 km/l. Tetap lebih irit dari versi 1.5 yang 12,39 km/l. Bahkan jauh mengungguli versi 1.6 yang hanya 11,30 km/l. Efisiensi mesin EcoBoost menciptakan daya ledak optimal saat cruising. Ia berhasil menorehkan konsumsi BBM 21,27 km/l di tol. Sangat jauh dari versi 1.5 yang hanya 17,24 km/l, dan versi 1.6 yang seboros 15,71 km/l
mau lihat review Grand Avanza? klick disini
0 komentar:
Posting Komentar